NOW READING

3 Aplikasi untuk Membantu Menidurkan Anak

 1576
+
 1576

3 Aplikasi untuk Membantu Menidurkan Anak

by The Daily Oktagon
  • Selepas hari kerja yang panjang, terkadang orang tua merasa terlalu lelah untuk menidurkan anak-anak.
  • Beberapa aplikasi telepon genggam ini dapat membantu anak-anak lekas terlelap.
  • Mulai dari membacakan cerita hingga latihan menenangkan pikiran, orang tua bisa menggunakan aplikasi ini untuk menidurkan anak-anak.

Waktu sebelum tidur adalah momen yang pas bagi orang tua untuk membangun kedekatan dan keakraban dengan anak. Berbagai aktivitas, seperti mendongeng, membaca buku cerita bersama, atau menyanyikan Nina Bobo menjadi pengantar yang membuat anak merasa nyaman, mengantuk, dan akhirnya tertidur lelap.

Namun tak bisa dipungkiri, terkadang orang tua juga bisa merasa lelah setelah jam kerja yang panjang atau hari yang berat. Menidurkan anak—terutama jika anak sedang rewel—bisa menjadi tantangan tersendiri. Ketika mengalami situasi seperti ini, beberapa aplikasi berikut mungkin bisa jadi pilihan untuk membantu menidurkan anak-anak.

1. Nighty Night

Harga: US$2.99 atau IDR42.000

Aplikasi ini dirancang Heidi Wittlinger—animator dan ilustrator yang dinominasikan ajang bergengsi Oscar. Aplikasi ini menarasikan kisah tentang binatang-binatang di peternakan ketika lampu-lampu sudah dipadamkan.

Dengan menonton dan mendengarkan dongeng tentang binatang-binatang lucu yang tertidur dalam kandang mereka masing-masing, anak-anak bisa ikut merasa mengantuk dan terlelap ! Aplikasi ini tersedia untuk gadget Android maupun iOS.

foto : foxandsheep.com/nighty-night

Vlogging Cerdas dan Aman dengan Anak

2. Sleep Hero

Harga: US$1.49 atau IDR21.000

Jika anak-anak terbiasa lelap ditemani senandung nina bobo atau kisah-kisah dongeng yang Anda bacakan, biasanya mereka akan susah tidur jika tak mendengar suara Anda. Anak-anak juga bisa terbangun di tengah malam dan menangis ketika menyadari bahwa orang tuanya sudah tak ada lagi di sisi mereka. Aplikasi SleepHero yang tersedia untuk iOS ini bisa membantu.

Rekam suara Anda ketika mendongengkan berbagai cerita atau menyanyikan nina bobo dengan Sleep Hero. Ketika anak-anak terbangun dan merengek di malam hari, aplikasi ini akan merespon dengan memainkan rekaman suara yang telah dipilih sebelumnya. Mendengar suara orang tua yang akrab di telinga akan membuat anak-anak merasa aman, kembali tenang, dan terlelap sepanjang malam.

foto ; sleepheroapp.com

3. Headspace for Kids

Harga: gratis!

Meditasi bisa menghadirkan ketenangan—bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Dengan berlatih meditasi secara rutin, anak-anak pun dapat merasakan manfaatnya. Pikiran mereka menjadi lebih tenang dan terfokus, dan tubuh mereka pun dapat berelaksasi sebelum tidur.

Headspace for Kids merupakan aplikasi yang dapat melatih anak-anak bermeditasi. Bahkan, fitur-fiturnya secara khusus ada yang dirancang bagi anak-anak berusia 5 tahun ke bawah. Anak-anak akan dipandu melakukan latihan pernafasan dan visualisasi agar dapat menemukan ketenangan sebelum tidur. Aplikasi ini juga tersedia untuk iOS dan Android.

foto : headspace.com

Memang dibutuhkan latihan agar anak-anak terbiasa untuk tidur sendiri, tanpa ditemani orangtua. Aplikasi-aplikasi ini dapat menjadi alternatif transisi agar anak-anak dapat terlelap tanpa mengharuskan kehadiran fisik orangtua di dalam kamar. Anda pun dapat menikmati waktu istirahat yang berkualitas

pada malam hari, agar bisa kembali bugar untuk beraktivitas bersama anak-anak pada keesokan paginya.

0 comments