NOW READING

3 Action Camera Untuk Drone Anda

 6234
+
 6234

3 Action Camera Untuk Drone Anda

by The Daily Oktagon

Menggunakan drone yang dilengkapi mount gimbal sangat berguna untuk mengambil foto dan video aerial. Sebelum ini, metode pengambilan gambar serupa hanya bisa dilakukan dengan menaiki helikopter.

Nah, keberadaan mount ini juga memungkinkan para pemilik drone untuk berkreasi menggunakan action camera yang tersedia di pasaran. Dari sekian banyak pilihan yang ada, tiga action cam berikut bisa menjadi pilihan para pemilik drone.

GoPro Hero4 Black

Spesifikasi yang sangat mumpuni menjadikan GoPro Hero4 Black begitu dicintai banyak drone. Sebagian besar drone memiliki mount gimbal yang kompatibel dengan action cam ini, sehingga Anda bisa segera merekam video 4K 30 fps dari udara atau mengambil foto 12 megapixel, dengan sudut pandang yang begitu lebar (170 derajat).

gopro-hero4-black

Bahkan satu drone bernama 3D Robotics Solo memiliki gimbal yang bisa mengontrol kamera GoPro secara penuh. Gimbal ini menyambung langsung dengan kamera via micro-HDMI. Alhasil, Anda bisa mengakses berbagai pengaturan kamera selagi perekaman video sedang berlangsung.

Polaroid Cube

Wujudnya yang sangat kecil membuat action cam ini begitu fleksibel soal mounting. Polaroid sendiri menyediakan mount berlapis magnet di sisi bawahnya yang bisa dibeli secara terpisah. Jadi, kalau drone Anda mempunyai rangka yang terbuat dari logam, secara teori Anda bisa menambatkan Polaroid Cube langsung ke tubuhnya – meski tentu saja Anda akan kehilangan fungsi panning kalau tidak menggunakan gimbal.

polaroid-cube

Di saat yang sama, Polaroid juga menyediakan tripod mini yang kompatibel dengan berbagai mount milik GoPro. Pada dasarnya, kalau gimbal milik drone Anda bisa mengakomodasi GoPro, maka bisa juga menggotong Polaroid Cube selagi mengudara dan merekam video 1080p 30 fps atau mengambil foto 6 megapixel.

AgfaPhoto Wild Top

Fisiknya tidak jauh berbeda dari GoPro Hero4 Black, hanya saja kemampuan perekaman videonya terbatas pada resolusi 1080p 30 fps dan pengambilan foto 12 megapixel. Soal mounting, ia mungkin tidak sefleksibel GoPro maupun Polaroid, namun saya rasa dengan sedikit usaha ia bisa dipasangkan dengan aksesori milik GoPro via adaptor.

agfaphoto-wild-top

Terlepas dari itu, AgfaPhoto Wild Top mengusung satu fitur yang tidak dimiliki dua kamera lain di atas: baterai rechargeable yang bisa dilepas-pasang. Dengan demikian, kapanpun baterainya habis, Anda hanya perlu melepaskan dan menyelipkan unit baterai lain – ideal apabila drone Anda juga dilengkapi baterai yang bisa dilepas-pasang.

GoPro Hero4 Session

Action Camera yang satu ini adalah pendatang baru yang bontot dari jajaran kamera GoPro, bentuknya mirip dengan Polaroid Cube. Ringan bisa jadi adalah keunggulan dari action camera ini, untuk kualitas rekaman bisa dipilih dari 1080p 60 fps, 720p 100 fps sampai 1440p 30 fps. Foto 8 megapixel dalam tiga mode serta dilengkapi sepasang mikrofon. Ruang penyimpanan didukung microSD sampai 64GB. Tersedia fitur WiFi dan Bluetooth. Daya tahannya sendiri adalah 1.030 mAh.

go_pro_hero4_session

Meski bentuknya mungil, ketika ditempatkan pada casing maka kamera ini akan kompatibel dengan aksesoris GoPro lainnya. Sehingga akan memudahkan penempatan kamera mungil ini di perangkat Drone Anda. Karena bentuknya kecil, Anda juga bisa berkreasi dengan menempelkan kamera ini ke tubuh drone, tetapi tentu saja dengan kemampuan view yang terbatas.

0 comments