NOW READING

21 Smartphone Android Yang Direkomendasikan oleh Google

 1672
+
 1672

21 Smartphone Android Yang Direkomendasikan oleh Google

by The Daily Oktagon

Ada smartphone Android dari vendor ternama yang tidak direkomendasikan Google.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan menggunakan smartphone. Mulai dari urusan pribadi hingga untuk pekerjaan bisnis dan kantoran. Tidak heran jika berbagai fitur canggih sudah melengkapi smartphone zaman sekarang. Termasuk pada smartphone Android

Khusus untuk kebutuhan para pekerjan profesional kantoran atau pebisnis, sebenarnya ada spesifikasi yang harus dipenuhi oleh smartphone agar bisa diandalkan agar bisa membantu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Hal ini yang tampaknya juga menjadi perhatian Google.

Seperti dilansir dari The Verge, Google sebagai pembuat OS Android, membuat suatu rekomendasi smartphone Android yang cocok digunakan oleh para pebisnis dan pekerja profesional.  Rekomendasi tersebut diluncurkan melalui suatu program bernama ‘Android Enterprise Recommended’. Program itu bertujuan untuk memudahkan dalam menentukan perangkat Android mana yang cocok untuk kebutuhan perusahaan. Sehingga para karyawannya menggunakan smartphone yang memang pas dengan beban pekerjaan di kantor.

Baca juga : Google Pixel 2 XL, Raja Android dengan Kamera Terbaik

Melalui lama situsnya, Google menjelaskan Android Enterprise Recommended adalah sebuah program yang dipimpin Google untuk meningkatkan keunggulan perangkat dan layanan perusahaan.

Smartphone Android yang masuk dalam kriteria Android Enterprise Recommended, harus memenuhi persyaratan tinggi, pengujian yang ketat dan divalidasi langsung oleh Google. Sehingga smartphone Android tersebut bisa aman dan tepat digunakan untuk kebutuhan perusahaan.

Program Android Enterprise Recommended ini akan memastikan smartphone akan selalu tetap up-to-date dengan patch keamanan reguler yang dikirim dalam waktu 90 hari. Selain itu juga dijamin mendapatkan setidaknya satu pembaruan OS utama tambahan.

Ada beberapa spesifikasi yang harus dipenuhi bagi smartphone yang masuk ke dalam daftar Android Enterprise Recomended. Spesifikasi tersebut antara lain : minimal sudah mengadopsi OS Android 7.0 atau yang lebih baru. Smartphone tersebut juga sudah memenuhi cakupan penyebaran secara massal. Selain itu, smartphone tersebut nantinya akan menerima update keamanan Android dalam waktu 90 hari sejak Google merilis, minimal selama tiga tahun.

Dari sejumlah smartphone yang beredar saat ini, berikut ini daftar smartphone yang sudah memenuhi kriteria dan direkomendasikan Google sebagai smartphone Android Enterprise Recomended  :

  1. Google Pixel
  2. Google Pixel 2
  3. Google Pixel 2 XL
  4. Google Pixel XL
  5. Blackberry KEYone
  6. Blackberry Motion
  7. Moto X4
  8. Moto Z2 Force Edition
  9. Huawei Mate 10
  10. Huawei Mate 10 Pro
  11. Huawei P10
  12. Huawei P10 Plus
  13. Huawei P10 Lite
  14. LG G6
  15. LG V30
  16. Nokia 8
  17. Sony Xperia XA2
  18. Sony Xperia XA2 Ultra
  19. Sony Xperia X2 Premium
  20. Sony Xperia XZ1
  21. Sony Xperia XZ1 Compact

Baca juga : BlackBerry KeyOne Black Edition ‘Mendarat’ di Indonesia

Jika melihat daftar ke-21 smartphone tersebut, ada yang terasa aneh. Ini karena smartphone dari beberapa vendor ternama tidak masuk dalam daftar tersebut. Smartphone Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi yang padahal sedang naik daun justru tidak tercantum.

Dari deretan smartphone Android Enterprise Recomended tersebut, ada beberapa diantaranya yang sudah beredar di Indonesia. Smartphone tersebut yaitu BlackBerry KeyOne, LG G6, dan Nokia 8.

0 comments