NOW READING

10 Ide Konten Kreatif untuk Membuat Vlog Menjadi Viral

 10490
+
 10490

10 Ide Konten Kreatif untuk Membuat Vlog Menjadi Viral

by The Daily Oktagon
  • Saat ini banyak yang tertarik untuk membuat video blog (vlog).
  • Namun beberapa video ternyata dibuat dengan konsep seadanya.
  • Ada beberapa konsep video yang bisa membuat vlog menjadi viral.

Padahal sebuah vlog jika dikemas dengan konsep yang menarik bisa ditonton banyak orang dan bisa menjadi viral. Nah, jika Anda masih bingung memilih konsep video untuk dijadikan Vlog, berikut ini beberapa alternatif konsep video yang bisa dicoba :

1. How to, tutorial, atau DIY (Do It Your Self)

Konsep video ini berupa tayangan yang memberikan pengetahuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Bisa tentang cara membuat sesuatu atau semacam tutorial. Video ini biasanya banyak dicari dan dan ditunggu para netizen, karena memudahkan mereka mencari solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

2. Wawancara

Video dengan konsep wawancara juga terbilang menarik. Syaratnya narasumber yang diwawancara cukup ternama, kompeten, dan ditunggu komentarnya oleh para netizen. Agar video berkonsep wawancara yang Anda buat bisa memikat banyak penonton, usahakan topik yang dibahas menarik dan sedang ‘hangat’ dibahas banyak orang.

3. Prank

Konsep video prank atau aksi usil, kerap ditonton banyak orang karena sifatnya yang menghibur. Untuk membuat video ini, Anda bisa melakukan aksi usil/jebakan pada teman. Contohnya Anda menakut-nakuti teman di malam hari. Jika aksi ini terekam kamera pasti sangat menghibur dan menimbulkan reaksi alami yang tak terduga.

Razer Kiyo, Webcam Khusus untuk Gamer yang Juga Vlogger

4. Challenge

Selain prank, konsep video yang seru yang bisa dicoba yaitu tantangan atau challenge. Tantangan yang ingin dilakukan bisa harus lebih terkonsel supaya lebih menarik dan membuat penasaran penonton. Jangan khawatir jika tantangan yang Anda lakukan ternyata, gagal. Karena itu juga bisa membuat penonton penasaran untuk mencobanya hingga berhasil. Beberapa video tantangan yang sempat viral adalah mannequin challenge, baby shark challenge dan lain-lain.

5. Dokumenter pendek

Jika kamu punya ketertarikan untuk mengangkat suatu permasalahan di tengah masyarakat, konsep video ini cocok untuk Anda. Yang menarik dari video dokumenter, yaitu tidak hanya memberikan tontonan tapi juga memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat. Video ini akan lebih bagus lagi jika ditambahkan dengan narasi yang bagus, sehingga membuat penonton ikut dalam cerita video dokumenter tersebut.

6. Karaoke/cover song

Video karaoke atau cover song bisa dilakukan jika Anda memiliki ketertarikan pada musik, atau memiliki suara yang bagus. Anda bisa membuat video saat bernyanyi atau memainkan alat musik. Yang paling mudah adalah dengan meng-cover lagu yang sudah terkenal. Jika belum bisa melakukan cover, bisa juga dengan melakukan karaoke. Dengan menyanyikan lagu yang sedang hits dengan suara emas yang Anda miliki, video yang Anda buat akan booming dan banyak ditonton.

7. Event

Membuat konten video yang paling mudah adalah dengan merekam suatu event. Bisa dengan cara merekam kejadian, aktivitas sehari-hari, momen penting seperti hari ulang tahun atau pernikahan, dan lainnya. Bisa juga saat Anda datang ke suatu acara yang dianggap penting dan dinanti banyak orang, seperti konser atau event acara tertentu.

8. Q&A video

Video tanya jawab atau Question & Answer (Q&A), bisa jadi ide lainnya. Video ini bisa melibatkan penonton untuk menjawab pertanyaan dari Anda atau penonton lainnya. Interaksi penonton melalui komentarnya menjadi hal penting dalam konsep video ini. Rasa penasaran penonton akan terjawab lewat konsep video Q&A. Konsep video ini juga bisa mendekatkan Anda dengan penonton atau subscriber.

Kepopuleran Vlog di Kalangan Anak Muda Indonesia

9. Main game

Untuk Anda para gamer, konsep video yang satu ini tentu sangat cocok. Video ini banyak disukai oleh mereka yang juga ingin memainkan game yang sama. Sambil bermain game, Anda juga bisa membagi tip dan strategi untuk menyelesaikan misi dalam game hingga berhasil. Atau bisa juga ditambahkan video walkthrough atau bahkan video cheat dari game tersebut.

10. Video tour

Konsep video ini bisa dikatakan cukup sederhana untuk dilakukan. Anda bisa membuat video tour di rumah atau di lokasi Anda berada. Dengan video ini penonton bisa melihat kondisi sekeliling dengan lebih luas, misalnya konsep video room tour atau lokasi yang sedang Anda kunjungi. Lebih bagus lagi jika Anda menjelaskan setiap apa yang anda temukan pada video.

Dengan konsep video yang menarik, konten video yang berkualitas dan informatif, serta ditunjang tampilan dan angle video yang bagus, vlog yang Anda buat akan viral.

0 comments