NOW READING

10 Ide Foto Tak Biasa yang Dapat Dicoba

 10020
+
 10020

10 Ide Foto Tak Biasa yang Dapat Dicoba

by The Daily Oktagon

Bingung dengan ide foto baru yang dapat menyegarkan kembali semangat fotografi Anda? Jangan bingung dulu. Fotografi adalah dunia 1001 hal, terutama jika menyangkut ide baru dalam mengambil foto kreatif. Artinya, ada banyak cara yang bisa dieksplorasi untuk memaksimalkan hasil foto.

Berikut The Daily Oktagon coba pilihkan 10 ide foto tak biasa yang dapat Anda coba. Yuk, simak ulasannya!

1. Melihat Lewat Mata Cacing

Bahasa lainnya panorama ‘terowongan’. Relatif sama dengan cara foto panorama biasa, namun dengan proses yang sedikit berbeda. Gunakan lensa 18-55 milimeter f / 3.5-5.6, kemudian pasang ke tripod dengan kepala panorama buatan. Ambil sekitar 20-30 frame untuk memenuhi kebutuhan foto 360 derajat. Ketika memotret, gunakan setting manual (focus, white balance, exposure) untuk memastikan konsistensi setiap frame. Gunakan ISO rendah pengaturan untuk kualitas gambar yang optimal.

shutterstock_301008140

Beri ‘daerah’ tumpang tindih antara setiap frame agar software stitching dapat bekerja. Untuk editing, gunakan Lightroom untuk menghilangkan vignette dan chromatic aberration yang benar. Gabungkan foto-foto di Kolor Autopano. Terakhir, crop dan render foto sebagai gambar JPEG, sebelum membawanya ke Lightroom untuk membuat penyesuaian warna. Oh ya, Anda membutuhkan banyak ruang penyimpanan untuk mencoba teknik ini, paling tidak sekitar satu gigabyte untuk sebuah foto!

2. Uniknya Wide-angle Up Close

Lensa makro mampu menghadirkan detail yang luar biasa dari sebuah gambar. Mau mencoba yang sedikit berbeda? Coba wide-angle up close. Gunakan aperture terlebar pada lensa (biasanya f / 2.8) dan dekati objek. Fokus pada satu bagian dari obyek dan biarkan bagian lain menjadi blur. Teknik ini dapat menghasilkan hasil yang bagus dengan subyek semacam bunga dan makanan, tetapi juga dapat membuat gambar abstrak jika dicoba pada objek seperti sendok garpu, peralatan dapur dan aneka barang sehari-hari lainnya.

shutterstock_385547455

Gambar yang ditampilkan dalam jendela bidik selalu ditampilkan pada aperture lensa terluas, sehingga mudah menilai efek keseluruhan. Tak ada ruginya menggunakan layar Live View yang lebih besar sebagai bantuan fokus secara manual sehingga mencapai presisi tinggi.

3. Infrared yang Tak Biasa

Mungkin Anda berpikir teknik ini tidak terlalu istimewa. Namun dengan penggabungan filter infrared yang baik dan setting kamera yang sesuai, dapat mengurangi waktu exposure dan hasil yang tak diperkirakan sebelumnya.

shutterstock_103430966
Filter infrared dapat mengubah spektrum warna sehingga dapat menciptakan false colors yang tak terduga. Pilihlah sinar matahari yang terik, lansekap dengan dedaunan hijau dan langit dengan awan, air, dan arsitektur merupakan bekal yang sangat baik dalam menampilkan efek inframerah yang maksimal.

4. Foto Malam dengan Sentuhan Warna Berbeda

Bosan dengan trik foto malam? Tak ada salahnya menggunakan tambahan properti baru untuk mendapatkan nuansa baru. Gunakan Pixelstick, yang memiliki 200 warna lampu LED yang dapat diatur. Atau stik pendar lain yang kini marak dijual. Gerakkan Pixelstick saat mengambil gambar long-exposure, sehingga menghasilkan motif cahaya yang menakjubkan.

shutterstock_247328380
Tekniknya sendiri serupa dengan teknik menangkap cahaya malam berjalan, dengan menggunakan tripod untuk kestabilan, hingga kecepatan rana lambat untuk menangkap berbagai gerak dalam satu tembakan. Tambahkan satu atau dua flashgun off-camera untuk hasil artistik yang berbeda.

5. Positifnya Negative Landscape

Teknik ini cukup mudah, bahkan Anda dapat menggunakannya stok gambar yang sudah Anda ambil. Konversikan sebuah hasil foto ke gaya hitam-putih, kemudian invert dalam Photoshop atau software serupa. Meski proses ini sederhana, namun menemukan gambar yang sesuai dengan efek yang mengejutkan tentu membutuhkan kejelian.

shutterstock_323323094
Pemandangan dengan medan yang kasar, bertekstur, pegunungan, dengan campuran yang kuat dari daerah terang dan gelap juga dapat membuat gambar menarik. Sebuah pemandangan yang tidak terpapar tone gelap-terang justru kurang bagus ketika sudah di-invert. Begitu pula langit biru dengan awan putih halus. Memotong segmen dari sebuah scene yang lebih luas dapat menjadi trik tambahan untuk menghasilkan hasil akhir yang lebih memukau.

Baca juga, Mau Tahu Cara Bidik Momen Terbaik dengan Hewan Peliharaan?

6. Double Exposure untuk Foto Misterius

Baik membidik dengan kamera digital atau dengan film, Anda membutuhkan gambar awal yang kuat untuk memulai teknik ini. Karena Anda harus menggabungkan unsur-unsur dari frame berbeda yang tidak semuanya dapat cocok ketika digabungkan.

shutterstock_320400899
Biasanya, potret double exposure dibuat dengan mengekspos frame yang sama dari sebuah film lebih dari sekali. Mode Screen Blend pada Photoshop dapat dipilih, atau dengan menggandakan nilai cahaya pada satu lapisan. Untuk hasil lain yang tak terduga, lakukan berbagai eksposur gila di kamera, kemudian lakukan penyilangan pengolahan hasil. Lakukan teknik lama misalnya, cetak multi-layered platinum paladium di atas kertas bertekstur. Hasilnya? Ajaib.

7. Bokeh? Boleh

Berasal dari bahasa Jepang ‘boke’, yang berarti ‘kabut’ atau ‘tidak jelas’. Hal ini berarti menggambarkan efek blur abstrak dengan kreatif saat pengambilan gambar dengan wide aperture. Idealnya Anda gunakan lensa yang memiliki kemampuan untuk membuka ke aperture f / 2.8 atau yang lebih luas. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, fotolah dalam cahaya rendah, dan coba masukkan sinar lampu seperti lampu jalan, lampu mobil yang akan meningkatkan bokeh tersebut.

shutterstock_367530269
Untuk hasil abstrak, bidiklah hanya lampu yang menyala dengan manual focus untuk ‘memukul’ lampu sehingga benar-benar keluar dari fokus. Jaga agar fokus tetap tajam pada sebuah obyek dan pastikan ada cukup jarak antara lampu latar dan obyek agar efek tetap terjaga. Semakin jauh lampu latar belakang dari subjek, semakin mereka akan kabur. Jika tidak ada cukup cahaya untuk menerangi objek latar depan secara efektif, coba tambahkan sedikit flash untuk menghasilkan detail yang optimal.

8. Foto Abstrak, Kemudian Putarlah

Tangkap gambar dari sudut alternatif, yang akan membantu untuk membuat komposisi yang lebih abstrak. Ide foto ini, Anda dapat mengubah seluruh makna dari suatu gambar hanya dengan memutar (rotate) scene. Awali dengan hal sederhana dengan merencanakan gambar dan mencari tempat sehari-hari di mana Anda dapat membidik dengan leluasa.
shutterstock_278029052
Obyek di luar ruang juga menjadi pilihan jitu. Bermain-mainlah dengan apa yang tersedia di sekitar kita. Gunakan properti yang unik untuk menambahkan keunikan hasil. Komposisi adalah kuncinya, sehingga cobalah bereksperimen. Jika Anda ingin gambar Anda harus benar-benar abstrak, potong penggangu obyek atau penampakan benda yang biasa.

9. Geliat Liquid Still Life

Untuk membuat gambar gelembung makro, isi segelas air dan tambahkan beberapa tetes minyak goreng. Untuk membuat latar belakang berwarna-warni, gunakan berbagai latar belakang seperti kertas pembungkus kado hingga bulu warna-warni yang ditempatkan di bawah kaca. Untuk menerangi tembakan, gunakan macro flash. Aksesori ini memungkinkan kita untuk membidik menggunakan cahaya datar, sehingga dapat mengambil rincian halus dalam gelembung.

shutterstock_53406334
Tak ada macro flash? Gunakan lampu biasa atau bahkan cahaya alami. Sampai pada teknik pasca produksi, besarkan kontras untuk meningkatkan detail. Perhatikan pula debu yang ikut terambil. Anda dapat menghilangkan gangguan kecil ini di Photoshop.

10. Bereksperimen dengan Bayang-bayang

Ketika Anda sedang memotret sebuah adegan di hari yang cerah, mungkin Anda hanya fokus pada detail sebuah subjek. Namun, cobalah lihat kemungkinan Anda dapat menggunakan bayangan yang terpapar sebagai komposisi kreatif baru.
shutterstock_274479842
Seperti halnya siluet, bentuk bayangan yang kuat dapat menghasilkan komposisi foto yang unik. Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan mood foto yang cenderung gelap, atau sebaliknya. Sebuah foto bayangan yang baik sesungguhnya bukan pada masalah kamera yang Anda gunakan, meskipun penyesuaian exposure akan membantu Anda mengontrol kepadatan sebuah bayang-bayang.

Simak ulasan menarik berikut, Ini Tips dari Pakar untuk Membuat Foto Instagram Lebih Fantastis

0 comments