NOW READING

10 Aplikasi Smartwatch yang Semakin Memudahkan Hidup Anda

 5992
+
 5992

10 Aplikasi Smartwatch yang Semakin Memudahkan Hidup Anda

by The Daily Oktagon

Laju kehadiran smartwatch sudah tidak terbendung. Semakin banyak produsen yang meluncurkan jam pintarnya. Semakin tinggi pula ketertarikan konsumen terhadap produk ini. sebuah survei yang diadakan Kentico Software di Amerika Serikat pada beberapa bulan lalu memperlihatkan 60 persen peserta survei berminat untuk memiliki smartwatch. Tingginya animo ini tentu tidak terlepas dari semakin banyaknya pula aplikasi yang bisa dipasang pada jam jenis ini yang dapat mempermudah hidup penggunanya.

shutterstock_291164846
The Daily Oktagon
merekomendasikan 10 aplikasi smartwatch yang semakin memudahkan hidup Anda. Langsung simak ulasannya!

1. LookBehind

Smartphone Anda memiliki kamera, sementara smartwatch memiliki layar. Mengapa tidak memadukan keduanya untuk mendatangkan kemampuan yang berguna? LookBehind memungkinkan untuk menayangkan hasil dari tangkapan kamera smartphone di smartwatch. Ini berguna misalnya untuk melihat area yang sulit terjangkau seperti mencari barang yang terjatuh di bawah sofa, atau ingin melihat seseorang di belakang Anda, tanpa ingin diketahui orang tersebut.

Melalui smartwatch, Anda pun bisa mengaktifkan lampu pada kamera. Saat ini aplikasi hanya untuk smartwatch berbasis Android.

2. Wear Audio Recorder

Dapat merekam percakapan Anda, materi yang disampaikan dosen saat kuliah, atau saat pertemuan, dan apa pun yang Anda inginkan dengan tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan intuitif.
Wear_Audio_Recorder
Jika Anda tetap mau terlihat menyimak, padahal Anda sedang merekam, ada kemampuan mematikan layar jam sehingga seolah jam Anda tidak sedang melakukan aktivitas apa pun. Menggunakan pedoman desain dari Google Material, aplikasi ini memungkin pengguna melakukan sinkronisasi dari Google Drive dan Dropbox,

3. Peak

Ketika pidato atau acara di hadapan Anda sepertinya masih akan berlangsung lama dan membosankan, cara “membunuh” waktu yang paling efektif tentu melatih otak Anda, salah satunya melalui aplikasi ini. Peak pun sudah bisa dimainkan di smartwatch untuk bermain berbagai macam permainan sederhana seperti mencocokkan bentuk dan mengikuti pola.

Di versi terbaru 2.13.5, aplikasi yang hanya tersedia di iWatch ini menyertakan permainan baru dalam kategori Problem Solving, yaitu Earth Defense dengan Anda sebagai pelindung bumi dari serangan asteroid. Permainan ini dapat menantang kordinasi apik mata dan tangan Anda.

4. Endomondo

Aplikasi kebugaran yang sudah sangat populer ini telah mengalami banyak penyesuaian sehingga dapat berfungsi dengan baik di smartwatch, baik versi Android maupun iWatch. Anda akan dapat melihat berbagai statistik yang dihasilkan aplikasi ini di smartwatch seperti denyut jantung, kalori yang terbakar, hingga durasi Anda berada di jalan.

endomondo
Untuk beberapa ponsel memang masih harus tetap dibawa saat Anda berolahraga, namun jika Anda memakai Sony SmartWatch 3 dengan kemampuan GPS, Anda tidak perlu membawa ponsel, karena pilihan standalone pada aplikasinya akan menyimpan semua perhitungan dari aktivitas olahraga Anda langsung ke ponsel.

5. Vibration

Dengan aplikasi khusus untuk Android Wear ini, Anda dapat mengatur pola getaran tertentu (1-5 ulangan) untuk masing-masing aplikasi lain yang digunakan. Misalnya, tiga ulangan getar untuk Gmail, empat untuk WhatsApp, dan setting untuk aplikasi yang lain. Sehingga ,ketika Anda sedang dalam momen penting seperti rapat dengan tamu penting atau makan malam bersama pasangan, Anda tidak perlu melihat ke bawah untuk mencari tahu apakah Anda memang perlu memotong pembicaraan karena ada hal yang penting, atau itu hanya sekadar pesan baru dari Facebook.

shutterstock_291164909

Baca juga artikel menarik ini, Yuk, Memilih Jam Cerdas dengan Harga Pantas

6. BBC News

Jangan membayangkan Anda akan membaca paragraf demi paragraf berita yang ditampilkan layaknya versi smartphone. Dalam versi smartwatch, akan ditampilkan cuplikan berbagai headline sehingga pengguna dapat tetap aktual dalam mengetahui berita-berita terbaru yang terjadi seluruh dunia. Namun, dengan kecenderungan akhir-akhir ini saat membaca sebuah judul artikel berita saja bisa membuat pembaca salah paham, ya memang sebaliknya Anda membaca keseluruhan isi berita melalui ponsel. Anda dapat membuka aplikasi ini di ponsel melalui sentuhan di smartwatch.

7. Duolingo

Aplikasi ini telah menghadirkan beberapa fungsi untuk smartwatch, yang memungkinkan pemakai untuk menguji keterampilan bahasa dengan hadirnya kartu flash berbasis gerakan swipe sederhana. Memang tidak selengkap versi smartphone, seperti tidak adanya interaksi suara, namun Duolinggo tetap saja menjadi cara yang efektif dalam berlatih keterampilan berbahasa, bahkan saat berada di tempat umum. Asal Anda tidak tiba-tiba “berbincang” dengan smartwatch Anda di keramaian, karena Anda akan terlihat agak aneh.

8. Find My Phone

Dengan hanya melakukan tap sebuah tombol, mengaktifkan alarm pada perangkat Android. Hal ini memudahkan Anda jika ponsel tiba-tiba “menghilang” di rumah, kantor, atau saat sedang di tempat makan. Pengguna juga dapat mengkonfigurasi alarmnya. Apakah Anda ingin smartphone mengeluarkan suara, hanya ingin bergetar, hanya ingin layar hidup?

Ada beberapa aplikasi yang memiliki kemampuan ini, tetapi biasanya menghubungkan beberapa perangkat untuk satu akun. Misalnya jika kehilangan tablet, dapat menggunakan ponsel untuk menemukannya. Begitu pun sebaliknya. Maka jika menggunakan smartwatch sebagai “master akun”, tentu akan jauh lebih efektif.

9. Google Keep

Anda mungkin sudah pernah memakainya dalam versi komputer atau smartphone. Kenapa tidak Anda teruskan untuk versi jam pintarnya? Bagi yang belum tahu, Google Keep adalah aplikasi pembuat catatan dan to-do-list yang sederhana.
Google-Keep-update
Layanan berbasis cloud ini berguna untuk membuat berbagai catatan dengan cepat dan mudah. Di jam pintar, Anda dapat melihat arsip catatan yang telah Anda buat, menambahkan reminder, voice command take a note atau menggambar emoji.

10. Rules!

Aplikasi permainan dengan banyak “aturan”. Anda harus waspada dengan berbagai perintah seperti “tekan angka dalam urutan menaik”, atau “tap pada obyek hijau” supaya tetap bisa melanjutkan permainan. Terdengar agak menjemukan, namun Anda tetap harus mencobanya sendiri untuk merasakan betapa adiktifnya permainan ini, apalagi ketika aturan-aturan yang diberikan semakin rumit. Asal Anda tidak lupa diri dan mencoba memukulkan smartwatch Anda ke dinding karena frustasi dengan permainan yang tersedia hanya di iWatch ini.

Anda wajib baca ulasan ini, Moto 360 dalam Perjalanannya Menjadi Pelopor Tren Smartwatch

0 comments