NOW READING

Xiaomi Mi 6, Flagship Terjangkau dengan Kamera ala iPhone 7 Plus

 5891
+
 5891

Xiaomi Mi 6, Flagship Terjangkau dengan Kamera ala iPhone 7 Plus

by The Daily Oktagon
  • Xiaomi menyusul Huawei, LG, dan Samsung memperkenalkan smartphone flagship-nya tahun ini.
  • Smartphone ini bernama Mi 6 yang punya bodi compact namun menyimpan hardware tertinggi di dalamnya.
  • Mi 6 mempunyai dual-camera yang mirip iPhone 7 Plus tapi dibanderol dengan harga terjangkau.

Tidak perlu waktu lama bagi Xiaomi untuk menyejajarkan diri dengan nama-nama besar seperti LG, Huawei, dan Samsung. Xiaomi memang lebih telat merilis smartphone flagship-nya, Mi 6. Tapi setidaknya hal itu terbayar dengan kualitasnya.

Beruntung The Daily Oktagon bisa menjadi salah satu yang pertama mencicipi smartphone tertinggi dari Xiaomi ini. Sekadar informasi, Xiaomi Mi 6 diperkenalkan secara resmi pada 19 April di Beijing, China. Dan saat ini Mi 6 masih dijual eksklusif di China saja, itu pun dengan jumlah yang terbatas. Yang paling menarik tentu saja harganya yang sangat terjangkau, mulai US$ 350 (sekitar Rp4,7 jutaan).

Flagship Satu Tangan

Kami punya panggilan kesayangan untuk Xiaomi Mi 6, yakni flagship satu tangan. Apa maksudnya? Kita semua pasti setuju kalau Mi 6 pantas disebut smartphone flagship karena spesifikasi tertinggi yang dibawanya. Sedangkan kata satu tangan digunakan untuk menggambarkan dimensinya yang compact.

Disaat mayoritas smartphone masa kini yang berukuran di atas 5,5 inci, Xiaomi Mi 6 justru punya layar 5,15 inci saja. Praktis hal ini membuat bodinya jadi lebih ramping dan tentunya super nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Smartphone ini bisa disimpan di saku kemeja maupun kantong celana jeans.

Bicara flagship, baca juga ulasan flagship Samsung, Galaxy S8 Plus di sini

Si Cantik yang Ringkih

Kalau pernah menggunakan Xiaomi Mi 5, Anda pasti tahu kalau smartphone keluaran tahun 2016 tersebut gampang patah. Berbeda dengan Mi 5, Xiaomi merancang Mi 6 jauh lebih kokoh. Kami tidak menyangsikan hal ini karena rangka bodinya terbuat dari stainless steel.

Tapi rangka baja tidak serta merta membuat Mi 6 tanpa kelemahan fisik. Smartphone ini memang tidak gampang patah. Bodinya pun terlihat cantik dengan material kaca yang mengkilat plus polesan warna mencolok seperti biru misalnya.

Tapi ketahanan bodinya yang berlapis kaca ini justru membuat kami sempat terkejut. Bagaimana tidak, baru satu hari menggunakannya kami sudah mendapati bagian belakang bodinya sudah tergores halus.

Goresan halus ini pun bertambah seiring pemakaian yang hampir seminggu. Belum lagi bodinya juga sangat gampang kotor, terutama karena sidik jari. Jadi, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan casing pelindung jika tidak ingin menyesal.

Smartphone Android Terkencang

Terlepas dari bodinya yang rada ringkih, Xiaomi Mi 6 memiliki potensi tinggi soal performa komputasi. Bukan tanpa alasan, karena Xiaomi menyematkan chipset tertinggi Qualcomm, yakni Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz.

Chipset ini ditunjang RAM 6 GB yang bakal lebih dari cukup untuk kebutuhan multitasking. Dalam pengujian AnTuTu Benchmark, Mi 6 berhasil menorehkan skor 180 ribuan poin. Skor ini adalah yang tertinggi untuk platform Android.

Tidak sampai di situ saja. Kalau hobi ngegame atau pun streaming video dan film, performa yang ditawarkan Mi 6 tidak mengecewakan. Yang membuat kami puas dengan performa multimedianya adalah keluaran suara speaker-nya.

Suaranya bukan yang terkencang untuk ukuran smartphone. Tapi detail yang dihasilkan cukup memanjakan telinga. Belum lagi kalau diposisikan horizontal atau landscape, keluaran suaranya makin mengasyikkan. Penyebabnya karena Xiaomi menempatkan dua buah speaker stereo. Satu speaker ada di bagian bawah dekat microUSB, satu lagi menyatu dengan earpiece di bagian atas smartphone.

Baca ulasan ini untuk smartphone dengan kemampuan audio yang tak kalah gahar

Kamera Rasa iPhone 7 Plus

Satu keunggulan lain yang ditawarkan Mi 6 adalah kamera. Smartphone ini punya dua kamera belakang, resolusinya sama-sama 12 MP. Satu lensa berfungsi untuk memotret biasa dengan normal zoom, satu kamera lainnya punya lensa telephoto dengan optical zoom 2x.

Selain fungsi optical zoom, kamera kedua ini bisa membantu kamera utamanya dalam menciptakan foto wide angle atau dikenal dengan istilah portrait. Hasil fotonya terlihat cantik karena objek utama foto terlihat detail, sedangkan backgorund-nya tersaji dengan efek bokeh atau blur.

Soal kualitas, kami tidak merasakan adanya perbedaan dengan apa yang bisa dihasilkan kamera iPhone 7 Plus. Bahkan di beberapa kondisi, kami mendapati kamera Mi 6 bisa hasilkan foto lebih baik, seperti efek bokeh yang lebih rapi dari iPhone 7 Plus.

Bukan Tanpa Kelemahan

Kami sudah membeberkan beberapa poin keunggulan yang ditawarkan Xiaomi Mi 6. Tapi tidak berarti Mi 6 tak punya kelemahan. Kami menilai ketiadaan jack audio membuat kita jadi lebih repot saat ingin mendengarkan musik menggunakan headset.

Hilangnya jack audio ini kabarnya dikarenakan Xiaomi menghadirkan fitur splash resistant pada Mi 6. Tapi fitur ini tidak cukup untuk membayar hilangnya jack audio. Dengan fitur splash resistant, artinya Mi 6 hanya tahan cipratan air dan sangat mungkin rusak apabila mengalami musibah tercebur misalnya.

Sehingga untuk mendengarkan audio, Xiaomi melengkapi paket smartphone ini dengan kabel tambahan Type-C to Audio (tergantung negara) yang dihubungkan di port pengisi baterai, atau menggunakan teknologi bluetooth agar bisa terhubung dengan wireless speaker atau earphone.

Cari headphone canggih? Simak dulu ulasan kami di sini

Kelemahan ini mungkin mengurangi poin kenyamanan penggunaan smartphone ini, namun Mi 6 tetap memiliki poin-poin plus yang layak diperhitungkan.

0 comments