NOW READING

Myo Armband Permudah Navigasi Hanya Dengan Menjentikkan Jari

 2449
+
 2449

Myo Armband Permudah Navigasi Hanya Dengan Menjentikkan Jari

by The Daily Oktagon

Jangan bingung membaca judul di atas, karena hal ini bukan lagi suatu adegan yang biasa kita jumpai di film fiksi ilmiah. Tidak ada layar yang perlu disentuh, dan Anda juga tidak perlu melambaikan tangan ke sebuah kamera. Yang akan kita bahas benar-benar merupakan kontrol gesture super-canggih.

Namanya Myo Armband. Sesuai namanya, ia merupakan sejenis gelang yang Anda kenakan di pergelangan tangan, tepat di bawah sikut. Perangkat wearable ini bisa difungsikan sebagai controller universal untuk bermacam aplikasi atau software yang ada di komputer.

presentations-on-stage

Myo terdiri dari 8 modul yang bertugas membaca berbagai gerakan otot pergelangan tangan Anda. Mulai dari gerakan seperti mengepalkan tangan sampai gerakan kecil pada jari-jari Anda bisa ia kenali, yang kemudian akan diterjemahkan menjadi input pada software. Lebih lanjut, Myo juga dibekali perpaduan gyroscope, accelerometer dan magnetometer untuk mendeteksi gerakan tangan Anda.

Anda bebas menetapkan input pada suatu gesture dengan memanfaatkan aplikasi Myo Connect. Jadi misalnya, saat Anda sedang berpresentasi menggunakan PowerPoint di laptop, Anda bisa berpindah slide hanya dengan mengibaskan tangan ke kiri atau kanan. Namun tidak seperti kontrol gesture yang mengandalkan kamera (seperti pada produk-produk smart TV), Myo tidak mengharuskan Anda menghadap ke layar. Dengan kata lain, gesture masih berfungsi meski Anda membelakangi laptop Anda.

Masih dalam skenario berpresentasi, Anda juga bisa memunculkan laser pointer digital hanya dengan mengepalkan tangan, kemudian menggerak-gerakkannya dengan mudah. Putar sedikit kepalan tangan Anda, maka layar akan di-zoom.

Myo-Black

Ini hanyalah beberapa contoh dari seabrek gesture yang bisa dilakukan oleh Myo. Pada skenario lain, sejatinya semuanya hanya terbatas pada imajinasi Anda dan kompatibilitas Myo.

Anda bisa memakai Myo untuk mengontrol volume pada aplikasi pemutar musik, atau bahkan mengontrol perangkat lain seperti smart glass maupun drone yang sedang mengudara. Seorang DJ kelas dunia, Armin van Buuren, bahkan sempat menggunakan Myo Armband untuk mengatur lampu panggung di salah satu konsernya.

Dari sisi teknis, Myo memanfaatkan konektivitas Bluetooth LE untuk menyambung ke perangkat. Myo pun dilengkapi sensor yang memungkinkannya untuk menyala atau mati secara otomatis ketika sedang tidak digunakan. Baterainya bisa bertahan hingga 10 – 14 jam jika dipakai terus-menerus.

Satu unit Myo Armband dibanderol seharga $199. Tentu saja, Anda bisa memakai dua secara bersamaan, di tangan kiri dan kanan.

0 comments