NOW READING

Google Pixel 2 XL, Raja Android dengan Kamera Terbaik

 1224
+
 1224

Google Pixel 2 XL, Raja Android dengan Kamera Terbaik

by The Daily Oktagon
  • Meneruskan Pixel yang dirilis perdana tahun lalu, Google merilis Pixel 2 dan Pixel 2 XL di penghujung tahun 2017
  • Smartphone ini dibanderol dengan harga sangat mahal melebihi flagship Android lainnya, seperti Galaxy Note 8 misalnya
  • Pixel 2 XL juga hanya memiliki satu kamera utama saja, tapi diklaim sebagai yang terbaik di dunia mengalahkan kamera iPhone X

Nama besar Google bukan cuma jadi raja internet, tapi juga di industri smartphone. Si pemilik sistem operasi Android ini sudah sejak lama menggarap proyek smartphone Google Nexus untuk kelas flagship dan Android One untuk kelas entry-level.

Namun dua tahun terakhir, Google resmi mengganti proyek Nexus dengan Pixel, lini smartphone paling keren buatan mereka. Bahkan harganya pun melampaui Nexus. Google Pixel generasi pertama dijual Rp10 jutaan. Begitu juga dengan Pixel 2 yang punya harga serupa.

Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Seperti tahun lalu, kali ini Google menghadirkan Pixel generasi kedua dalam dua tipe, yaitu Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Perbedaan paling mendasar adalah ukuran layarnya. Nah, di antara kedua smartphone ini, kami lebih merekomendasikan Pixel 2 XL ketimbang Pixel 2 biasa.

Penyebabnya adalah desain Pixel 2 yang sama sekali tidak mewah, khususnya pada bagian depannya. Bezel atas dan bawahnya sangat tebal. Layarnya juga tidak punya lengkungan 2,5D. Dengan kata lain, harus kami akui kalau desainnya tak jauh beda dengan smartphone Andromax.

smartphone

Lain halnya dengan Pixel 2 XL yang membawa layar trendi 18:9 dengan bezel atas dan bawah yang lebih tipis. Ukurannya pun lebih lega, yakni 6 inci, jadi lebih asyik buat menikmati konten multimedia.

Di luar soal layar, desain bodi belakang keduanya ternyata mirip. Pixel 2 dan Pixel 2 XL dirancang dengan dua material sekaligus, yakni metal sebanyak 80 persen dan glass sebanyak 20 persen.

Masih bicara soal desain, untuk pertama kalinya Google menyematkan sertifikat IP67 tahan air dan debu untuk smartphone buatannya. Membuatnya seimbang dengan flagship lain seperti iPhone X misalnya.

Tapi satu hal yang harus dicermati adalah ketiadaan jack audio atau pun earphone. Jadi buat Anda yang membeli smartphone ini, siapkan dana lebih untuk membeli earphone tambahan yang mendukung.

Simak lima fitur andalan yang diusung oleh Google Pixel 2 hanya di artikel ini.

Tanpa Bloatware

Karena ini adalah produk buatan Google, maka bisa dipastikan Pixel 2 XL membawa user interface dan OS Android murni versi terbaru, yakni Oreo. UI ini luar biasa simpel dan minimalis, plus enteng.

Dan yang membuat kami cukup kaget adalah jumlah aplikasi pre-load yang terinstal. Kami mencatat tidak lebih dari 20 aplikasi yang sudah ada di dalamnya. Semuanya buatan Google, seperti Chrome, YouTube, Gmail, dan lainnya.

Karena aplikasi bawaannya yang sangat sedikit ini, tentu saja kita tidak akan menemukan aplikasi bloatware yang mengganggu. Jadi kita tidak perlu lagi repot-repot menghapus satu per satu.

smartphone

Walaupun miskin kustomisasi, tapi setidaknya masih ada dua fitur menarik yang bisa kita pakai memanfaatkan Google Assistant. Yang pertama yakni fitur Squeeze dengan meremas sisi bodi smartphone untuk mengaktifkan Google Assistant.

Yang kedua adalah kemampuan mengenali judul lagu yang sedang diputar secara otomatis. Jadi ketika ada lagu yang diputar, tak lama kemudian judul lagunya akan tampil dengan sendirinya di layar smartphone.

Mau tahu lebih tentang fitur Google Assistant, baca artikel yang satu ini.

Hardware Bukan yang Tertinggi

Masuk dalam jajaran flagship, Google Pixel 2 XL sudah pasti diotaki chipset tertinggi Snapdragon 835. Tapi yang cukup mengagetkan adalah kapasitas RAM-nya yang hanya 4 GB saja. Tertinggal dari flagship lain yang bahkan sudah berkapasitas 8 GB.

Setelah pakai beberapa hari, kami pun tahu kalau ternyata RAM 4 GB ini sudah lebih dari cukup untuk multitasking atau bahkan nge-game berat sekalipun. Kami sama sekali tidak pernah mengalami kejadian lag.

smartphone

Ya sudah barang tentu RAM 4 GB ini mencukupi, karena Google adalah pembuat Android. Jadi mereka tahu betul bagaimana memaksimalkan hardware untuk perangkat buatannya, meski kapasitasnya bukan yang tertinggi.

Selain itu juga perlu dicermati kalau Pixel 2 dan Pixel 2 XL hanya punya pilihan kapasitas storage 64 atau 128 GB saja tanpa menyediakan slot microSD. Jadi pastikan Anda tidak salah memilih kapasitas agar bisa menampung semua data dan aplikasi Anda.

Kamera Terbaik di Dunia

Jangan tertipu dengan bentuk dan jumlah kamera pada Pixel 2 XL. Lensa kameranya cuma ada satu dengan bentuk lingkaran yang sangat sederhana. Tapi siapa sangka, dengan bentuk yang tidak meyakinkan, justru performanya jadi yang terbaik di dunia.

Kamera utamanya beresolusi 12 MP berteknologi Dual Pixel dengan aperture f/1.8 ditunjang OIS. Untuk kamera depannya beresolusi 8 MP.

Kami pun sempat membandingkan dengan kamera iPhone X, ternyata kualitasnya memang benar lebih unggul. Sebenarnya mode yang disediakan tidak banyak, bahkan juga tidak punya mode manual. Tapi Pixel 2 XL punya dua mode jagoan, yaitu HDR+ dan Portrait.

smartphone

Mode Portrait-nya tak lain untuk hasilkan foto bokeh. Hasilnya sangat-sangat rapi, bahkan lebih rapi dari smartphone yang punya dua kamera. Proses memotretnya pun cepat. Asyiknya, kemampuan Portrait ini juga bisa diterapkan pada kamera depannya untuk ber-selfie.

Sementara mode HDR+ bakal menyulap foto tampil lebih tajam baik saat minim cahaya maupun kelebihan cahaya. Jadi kalau motret malam hari, objek foto bakal tetap terlihat detail. Begitu juga ketika memotret saat matahari terik, detail awan bakal tetap jelas.

Baca juga lima aplikasi edit video andalan di smartphone Android di artikel ini.

Satu lagi, untuk perekaman video, kinerja OIS pada kamera utamanya bakal dibantu EIS sehingga hasilnya jadi sangat stabil. Lagi-lagi, hasilnya lebih baik ketimbang kamera iPhone X yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Dengan segala kelebihannya, Google Pixel 2 XL nyatanya dibanderol dengan harga yang bisa bikin kantong bolong. Jika berniat membeli, smartphone ini bisa ditebus dengan harga mulai Rp14 jutaan dengan garansi Singapura.

0 comments