NOW READING

Deretan Produk Hi-Tech Baru yang Tak Kalah Canggih

 1636
+
 1636

Deretan Produk Hi-Tech Baru yang Tak Kalah Canggih

by The Daily Oktagon
  • Banyak juga produk teknologi baru yang diluncurkan di luar ajang CES
  • Kabar baik untuk penggemar Nintendo dengan Switch-nya
  • Gadget musik dan kesehatan pun semakin canggih

Ajang CES (Consumer Electronics Show) 2017 telah berakhir, menyusul penutupan pameran yang banyak disebut sebagai pameran elektronik terbesar di dunia itu, pada pertengahan Januari ini.

Berbagai produk teknologi terbaru banyak diluncurkan pada pameran akbar tersebut. Namun di luar hingar-bingar pameran tersebut, banyak pula bermunculan produk-produk berteknologi tinggi (hi-tech) yang mungkin luput dari perbincangan. The Daily Oktagon mencoba merangkumnya.

Nintendo Switch

Penggemar Nintendo boleh tersenyum lebar. Setelah empat tahun dari luncuran game console terakhirnya, Nintendo akhirnya resmi mengumumkan kehadiran console game terbarunya, Nintendo Switch. Inilah produk “hybrid” pertama dari produsen asal Jepang ini, karena Switch dapat berfungsi sebagai alat bermain rumahan, namun juga seketika dapat berfungsi sebagai komputer tablet.

Ketika terpisah dari dock-nya, Switch dapat difungsikan layaknya tablet dengan ukuran layar 6,2 inci. Jika dipasangkan dengan kendali yang Joy-Con, bermain dalam mode tablet akan semakin mengasyikkan. Sementara ketika kembali ke “rumahnya”, Switch dapat terhubung dengan televisi, sementara Joy-Con dapat dilepas untuk menjadi semacam Wiimote.

hi-tech

Joy-Con sendiri dapat menjadi kendali untuk berbagai judul game yang telah diluncurkan seperti Mario Bros terbaru, Skyrim, hingga Legend of Zelda terbaru. Nintendo mengklaim, masa pakai dalam mode tablet berdurasi 2,5 hingga 6 jam, tergantung pada jenis game yang dimainkan.

Peralihan antara mode tablet ke mode dock sendiri menurut beberapa pihak dapat berjalan mulus, tidak ada jeda. Begitu tablet di angkat dari dock-nya, saat itu pula game yang tadinya terpampang di televisi segera tayang di layar tablet.

Produk hi-tech yang baru akan dilempar ke pasaran pada Maret mendatang ini juga semakin mengasyikkan karena sudah tidak dilengkapi region-lock sehingga dapat dimainkan di negara mana saja. Harganya diperkirakan berkisar pada Rp 4 jutaan.

Kalau ini tentang “mainan” yang lain: Drone. Simak kabar terbarunya di sini

Freedrum

Sebagai penggemar musik, mungkin Anda pernah berlagak seperti pemain drum dengan seolah bermain alat tersebut secara “virtual”. Aktivitas tersebut sebentar lagi bisa dirasakan semakin nyata, saat Freedrum sudah dipasarkan pada Agustus mendatang.

Freedrum adalah perangkat berteknologi canggih yang dipasangkan pada stik drum. Ia dapat membaca gerakan stik dan mengubahnya menjadi suara berdasarkan posisinya.

Freedrum-Portable-Drum-Kit-5

Fitur giroskop yang tersemat dalam produk hi-tech besutan sebuah startup asal Swedia ini, memungkinkan Anda “bermain drum”, hanya menggunakan stik saja. Teknologi kemudian bekerja dengan mengirimkan informasi gerakan pengguna ke smartphone via Bluetooth.

Sebelumnya pengguna memang harus memasang aplikasi khusus sehingga suara drum bisa terdengar di smartphone. Jika Anda tengah berada di keramaian, tinggal pasang earphone ke smartphone, sehingga Anda bisa tetap bermain tanpa mengganggu aktivitas orang di sekitar.

Produk yang bakal dijual pada kisaran 1 juta rupiah ini tidak hanya bisa disematkan di stik. Untuk pengalaman bermain yang lebih lengkap seperti adanya suara bass dan hi-hat, alat serupa bisa dipasang di kaki sehingga tangan dan kaki bisa semaunya bergerak layaknya bermain drum sungguhan. Dengan durasi baterai sekitar tujuh jam, rasanya sudah sangat cukup untuk berlatih drum virtual, dimana pun Anda berada.

2016 baru berlalu. Simak artikel berbagai gadget di 2016 yang layak dapat jempol di sini

Path Breath + Fat Band

Sudah banyak gadget pintar yang dapat menghitung pembakaran kalori saat Anda berolahraga. Smartwatch misalnya. Namun tingkat ketepatan hitung smartwatch terkadang tidak terlalu tepat, karena hanya terpasang di lengan atau dada. Maka hadirlah Path Breath + Fat Band, yang sesuai namanya, bisa mengumpulkan informasi mtabolisme tubuh lewat nafas penggunanya.

Sebuah alat menyerupai USB dapat Anda tempelkan di mulut, untuk mengukur oksigen dan level CO2 penggunanya saat berolahraga, yang dapat memberikan informasi seperti pembakaran lemak.

PATH-Breath-FAT-Band

Alat penghitung nafas ini bersanding dengan sebuah alat yang dipasang dilengan bernama Fat Band, yang dapat melacak aktivitas per menit dan menuntun Anda untuk mencapau tingkat pembakaran lemak yang optimal, dengan mengkombinasikan data dari alat penghitung nafas tadi, dan monitor detak jantung.

Seperti halnya wearable lainnya, berbagai informasi yang terkumpul akan dikirim ke aplikasi smartphone yang diklam mempunyai fitur sederhana sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur program penurunan berat badan. Konsumen sendiri harus bersabar, karena produk hi-tech yang belum diketahui harganya ini direncanakan meluncur ke pembelinya pada pertengahan 2017 ini.

Bose SoundTouch 300

Salah satu produsen perangkat audio premium ini baru saja meluncurkan SoundTouch 300, sebuah soundbar tipis dengan desain luar yang elegan sehingga menghadirkan kesan premium. Alat ini bisa terhubung melalui koneksi Wi-Fi, Bluetooth, hingga koneksi NFC.

hi-tech

Layaknya fitur teknologi soundbar premium, SoundTouch 300 yang diperkirakan mempunyai banderol Rp 9 jutaan ini memanfatkan berbagai driver untuk mengarahkan suara, dan memiliki kepekaan untuk membuat saluran suara yang terpisah, sehingga pengguna tidak perlu meletakkan banyak speaker di sebuah ruangan.

Bicara produk untuk di rumah, di sini Anda bisa temukan berbagai produk smarthome terbaru

Produk juga diklaim dapat menghadirkan suara bass yang jernih pada volume tinggi, dan kemampuan menyelaraskan kedinamisan suara, untuk menghasilkan output suara terbaik. Untuk menambah “tendangan” (walau rasanya tidak perlu lagi) suara, SoundTouch 300 dapat dipadukan dengan modul bass Bose Acousitmass 300 untuk audio yang lebih maksimal

Kehadiran berbagai produk berteknologi tinggi ini tentu semakin memudahkan Anda dalam menjalani gaya hidup digital yang menyenangkan. Tertarik untuk memiliki salah satunya?

0 comments