NOW READING

Ini Cara Mudah Agar Akun Facebook Gak Bisa Dibajak

 221
+
 221

Ini Cara Mudah Agar Akun Facebook Gak Bisa Dibajak

by The Daily Oktagon

Facebook masih menjadi layanan media sosial yang banyak digunakan. Bahkan kini fungsinya gak lagi cuma untuk kembali menjalin komunikasi dengan teman atau kerabat, tapi juga sudah menjadi media untuk memerlihatkan atau show off aktifitas yang sedang dilakukan. Dan belakangan ini juga menjadi ajang berdiskusi tentang sesuatu hal, bahkan sekaligus menjadi media untuk berdebat.  Tapi ternyata masih banyak pengguna yang tidak sadar, ternyata banyak data penting yang sudah diposting ke akun Facebook, dan bisa dilihat oleh umum. Bahkan bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk tujuan yang tidak baik.

Apalagi beberapa waktu lalu sempat heboh kasus skandal kebocoran data pengguna Facebook yang juga melibatkan perusahaan analisis data Cambridge Analytica. Belum lagi ada beberapa pengguna Facebook yang sempat melaporkan akun Facebook-nya di-hack atau dibajak orang lain.

Baca juga : Facebook Sediakan Fitur Photo Review Cegah Penyalahgunaan Foto

akun facebook

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut berulang, pihak Facebook pun menyampaikan beberapa tips dan trik kepada penggunanya untuk mengamankan datanya :

1. Gunakan dan lakukan ‘Pemeriksaan Keamanan’ secara rutin

Facebook menyediakan fasilitas ‘Pemeriksaan Keamanan’ yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan dan menambah keamanan akun. Layanan Pemeriksaan Keamanan ini membantu untuk :

– Keluar dari akun Facebook kamu di browser, aplikasi atau perangkat yang sudah lama tidak digunakan. Sehingga kamu hanya akan log in akun Facebook di perangkat maupun browser yang telah disetujui.

– Mendapatkan notifikasi log in. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, Facebook akan mengirimkan notifikasi atau peringatan melalui email, jika ada orang lain yang mencoba masuk ke akun kamu dari komputer atau gadget yang tidak dikenal.

– Mengamankan Password. Facebook menyarankan untuk jangan gunakan password Facebook kamu di situs atau aplikasi lain. Usahakan gunakan password yang berbeda. Selain itu juga jangan pernah membagikan kata sandi kepada siapa pun. Serta gunakan password yang sulit untuk ditebak.

  1. Aktifkan fitur keamanan ekstra

Fitur keamanan ekstra yang dimaksud yaitu berupa autentikasi ganda. Fitur ini akan memberikan keamanan tambahan setiap kali mau masuk ke akun Facebook menggunakan perangkat baru. Yaitu Facebook akan mengirimkan notifikasi atau email dengan kode khusus untuk menyelesaikan proses login ke Facebook.

  1. Cek aplikasi yang terhubung ke akun Facebook

Sering kita mendapatkan aplikasi atau situs lain yang untuk login bisa menggunakan akun Facebook. Biasanya muncul pilihan “Masuk dengan Facebook”. Nah, sebaiknya kamu cek lagi aplikasi apa saja yang telah terhubung dengan akun Facebook atau yang login nya menggunakan akun Facebook.

Ini agar memastikan bahwa aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook kamu adalah aplikasi yang bisa dipercaya dan yang kamu gunakan secara rutin. Cara mengeceknya yaitu dengan masuk halaman ‘Pengaturan Aplikasi dan Website di Facebook’. Bisa saja ada beberapa aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi, maka kamu dapat menghapus aplikasi itu sehingga tidak dapat lagi mengakses akun Facebook kamu.

Baca juga : Facebook Sediakan Fitur Snooze Atasi Posting-an yang Mengganggu

  1. Cari tahu Log Aktivitas

Jika kamu khawatir sudah memposting atau me-Like suatu postingan secara tidak sengaja, bisa diketahui melalui fasilitas Log Activity. Fasiliats ini akan menampilkan semua aktivitas yang kamu lakukan. Selain itu, fasilitas ini juga akan menyimpan aktivitas Facebook kamu, termasuk postingan yang kamu Like, postingan yang kamu kasih Comment, Friend Request, foto-foto yang kamu psoting, lokasi yang kamu psoting dan lain-lain.

Sebaiknya kamu periksa Log Activity secara teratur, agar bisa mendeteksi kegiatan yang tergolong mencurigakan yang mungkin coba dilakukan orang lain. Kamu dapat menemukan fasilitas Log Activity di pojok kanan bawah Cover Photo Facebook kamu.

0 comments