NOW READING

Canon G7 X Mark II, Kamera Compact yang Bertenaga

 1749
+
 1749

Canon G7 X Mark II, Kamera Compact yang Bertenaga

by The Daily Oktagon
  • Tak hanya ringkas dan berdesain maskulin, Canon G7 X Mark II ini juga bertenaga dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan gaya hidup digital Anda.
  • Layar belakangnya bisa diputar ke atas untuk mempermudah kita yang gemar mengambil foto atau video selfie.
  • Kemampuan teknisnya bisa dibilang memuaskan. Bahkan meski cahaya kurang terang, hasil potretnya tetap maksimal.

Makin ke sini, kamera dengan ukuran lebih kecil makin digemari. Pasalnya kamera bukan semata untuk para profesional saja, tapi juga untuk semua kalangan yang biasanya untuk mendukung eksistensi di media sosial.

Untuk itu, kamera berukuran compact lebih dipilih. Selain karena simpel, kamera compact juga tidak terlalu menarik perhatian orang-orang di sekitar. Contohnya, Canon G7 X Mark II yang belum lama dirilis dengan harga US$699 (atau sekitar Rp9 juta). Simak ulasan The Daily Oktagon berikut ini.

Jika berminat dengan kamera yang lebih serius dan kerap digunakan videografer profesional, simak ulasan Canon EOS-1D X Mk II berikut ini

Muat di Saku Celana

Canon G7 X Mark II bisa memikat kawula muda dengan mudah berkat kemampuannya yang maksimal dalam ukuran mini. Bagaimana tidak, kamera ini hanya berukuran 10 x 6 cm dengan bobot 320 gram. Mengantonginya di celana denim, walaupun agak mengganjal, tapi tetap nyaman dilakukan.

Untuk membidik objek maupun melihat hasil foto, Canon G7 X Mark II dilengkapi layar berdimensi 3 inci yang bisa merespon sentuhan. Layar ini datang dengan kemampuan tilt yang bisa diputar ke atas dengan sudut 180 derajat untuk selfie, dan diputar ke bawah dengan sudut 45 derajat.

canon g7

Desain dari Canon G7 X Mark II sendiri terlihat maskulin berkat bentuknya yang cenderung kotak dengan aksen garis yang cukup kental. Ketika dipegang, Anda akan merasakan feel premium karena bodinya mayoritas terbuat dari metal.

Penyempurna Seri G7 X

Canon menciptakan G7 X Mark II sebagai penyempurna G7 X yang sudah dirilis 2014 lalu. Canon tidak banyak mengubah desainnya. Begitu pun resolusinya yang sama-sama masih 20 MP. Kesamaan lainnya yang kurang diharapkan adalah absennya viewfinder. Padahal, viewfinder termasuk vital untuk membantu membidik fokus objek dengan lebih presisi.

Canon G7 X Mark II dijual sepaket dengan lensa zoom Canon yang mendukung 4x optical zoom dengan focal length 24-100mm. Lensa ini mendukung aperture f/1.8 hingga f/2.8 untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus.

Anehnya, kamera satu ini tidak memiliki slot hotshoe untuk aksesori, seperti flash misalnya. Mungkin karena peruntukannya yang lebih ditujukan untuk pengguna semi profesional yang lebih mementingkan kepraktisan.

canon g7

Perubahan dan perbaikan paling kentara adalah digunakannya prosesor terkini, Digic 7. Prosesor ini praktis meningkatkan performa Canon G7 X Mark II dalam menangkap momen. Kualitas gambar saat memotret low-light meningkat cukup drastis dengan hasil yang memuaskan. Kecepatan burst shot-nya juga meningkat, diiringi peningkatan daya baterai yang kini bisa digunakan memotret hingga 265 shot hingga baterainya habis.

Baca juga perbedaan Canon EOS 5DS dan 5DS R

Setia dengan Resolusi Full HD

Sebagai kamera potensial yang dirilis pada 2016, cukup disayangkan ketika mengetahui bahwa Canon G7 X Mark II belum mendukung perekaman video 4K.

Resolusi maksimal yang bisa digunakan saat merekam video hanya full HD. Tapi sama seperti kemampuannya dalam memotret, kualitas rekaman video yang bisa dihasilkan Canon G7 X Mark II patut diacungi jempol dan masih mumpuni untuk kebutuhan semi pro seperti YouTube misalnya.

g7x-ii-03

Untuk berkomunikasi dengan perangkat lain serta memudahkan penggunaannya, Canon melengkapi G7 X Mark II dengan built-in WiFi dan chip NFC. Kedua jalur koneksi wireless ini bisa digunakan mengirim foto dan video menuju smartphone dengan lebih praktis.

Plus, dengan men-download aplikasi yang tersedia di iOS dan Android, Anda bisa menggunakan smartphone sebagai remote shutter untuk kamera ini.

Simak juga beberapa kamera yang cocok untuk video blogger pemula

0 comments