NOW READING

Berkenalan dengan Tiga Kamera Unggulan

 2773
+
 2773

Berkenalan dengan Tiga Kamera Unggulan

by The Daily Oktagon

Fakta menunjukkan, tidak semua kamera diciptakan sama. Sebagai konsumen, Anda harus lebih dulu memahami apa saja yang diutuhkan. Barulah berburu kamera yang benar-benar bisa memenuhi semua permintaan.

Artikel ini mengajak Anda berkenalan dengan tiga kamera unggulan, Olympus Stylus 1S, Fujifilm XQ2 dan Nikon 1 J5. Yuk, tengok apa saja keistimewaan yang ditawarkan.

Olympus Stylus 1S

Stylus 1S merupakan kamera compact yang masuk dalam kategori superzoom. Ia pantas menyandang predikat ini berkat lensa 28-300 mm f/2.8. Lensa ini memang tidak bisa dilepas-pasang, tetapi Anda punya jangkauan optical zoom 10,7x. Tidak peduli sejauh apa Anda melakukan zoom pada lensa ini, aperture f/2.8 tetap bisa digunakan. Sehingga, jumlah cahaya yang ditangkap tetap melimpah.

Desain Stylus 1S menyerupai bodi lini Olympus OM-D, lengkap dengan sepasang dial di bagian atas serta electronic viewfinder (EVF) beresolusi 1,44 juta dot di belakangnya. Tepat di bawahnya, terdapat LCD 3 inci beresolusi 1,04 juta dot yang dilengkapi panel sentuh dan bisa di-tilt hingga 50 derajat. Secara keseluruhan, Stylus 1S sanggup memberikan kelengkapan kontrol mendekati kamera DSLR, meski bodinya terbilang ringkas.

DI_STYLUS1_black_CLA-13_CUlens__Product_011

Dari segi teknis, kamera ini mengemas sensor CMOS berukuran 1/1,7 inci dengan resolusi 12 megapixel, dengan ISO maksimum 12.800. Ini dapat merekam video 1080 p dengan kecepatan 30 fps. Tentu saja, ada Wi-Fi untuk kebutuhan file transfer maupun remote control.

Olympus Stylus 1S sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memotret dari jarak sangat dekat atau sangat jauh. Satu unitnya dibanderol Rp 7,1 juta.

Fujifilm XQ2

Melihat wujudnya, tampak jelas bahwa XQ2 merupakan kamera saku. Namun, di dalamnya tertanam sensor CMOS berukuran 2/3 inci yang dilengkapi teknologi X-Trans II yang serupa dengan lini kamera mirrorless Fujifilm. Sensor ini mempunyai rentang ISO 100 – 12.800 dan bisa merekam video 1080p pada kecepatan 60 fps.

XQ2 dilengkapi dengan lensa fixed 25-100 mm f/1.8-4.9 atau setara optical zoom 4x. Uniknya, lensa ini bisa menangkap fokus pada objek yang berada sangat dekat, hingga 3 sentimeter. Waktu yang dibutuhkan XQ2 untuk mengunci fokus diklaim hanya berkisar 0,06 detik saja.

05

Soal desain, ia rupanya menganut gaya retro yang diusung lini mirrorless Fujifilm. Tidak ada EVF pada bodinya, tapi Anda masih mendapatkan sebuah pop-up flash. LCD-nya berukuran 3 inci dengan resolusi 920 ribu dot. XQ2 juga dilengkapi konektivitas Wi-Fi, tapi hanya terbatas untuk file transfer.

Secara keseluruhan, Fujifilm XQ2 cukup ideal menjad teman perjalanan Anda. Ini karena sangat mudah disimpan dalam saku. Adapun harga satu unitnya Rp 6 juta.

Nikon 1 J5

Nikon 1 J5 adalah salah satu kamera mirrorless terbaru Nikon. Ia tetap mengusung sensor CMOS 1 inci seperti model pendahulunya. Resolusinya 20,8 megapiksel dan tingkat ISO maksimum 12.800. Sensor ini diklaim cukup handal mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya, maupun menghasilkan bokeh seperti kamera DSLR. Kemampuannya dalam merekam video adalah 1080p 60 fps.

Ada kesan retro yang diusung Nikon 1 J5. Di belakang kamera berbobot 231 gram ini, terdapat sebuah LCD 3 inci beresolusi 1,04 juta dot yang bisa dimiringkan 180 derajat untuk selfie. Sebuah pop-up flash turut hadir untuk membantu mengatasi efek backlight pada saat memotret membelakangi matahari. Selain Wi-Fi, terdapat chip NFC untuk memudahkan proses pairing.

J5_SL_10_30_PD_SLup.high

Sorotan utama kamera ini adalah performanya. Bersama sistem AF hybrid dalam mode continuous, ia sanggup menjepret gambar secara konstan dengan kecepatan 20 fps dan dalam resolusi maksimum. Kalau Anda mengganti mode AF menjadi single, maka kecepatannya akan berlipat ganda menjadi 60 fps. Sangat cocok untuk mengabadikan bermacam aksi cepat.

Anda yang mengincar mirrorless dengan performa super-cepat, Nikon 1 J5 layak dicoba. Produk ini dipasarkan seharga Rp 6,8 juta, termasuk lensa 10-30 mm f/3.5-5.6.

0 comments